Total Pageviews

Translate

sharing

Pembaca dipersilahkan untuk menyalin atau men”copypaste” setiap isi dari Blog ini, dengan atau tanpa mencantumkan Blog ini sebagai sumbernya. Terima kasih

Dominasi Apple di Pasar Tablet Terancam?

Image representing iPad as depicted in CrunchBaseIpad
oleh : Ellizar Zachra PB
Google Inc dan Microsoft Corp tampaknya mencoba untuk melonggarkan cengkraman Apple Inc di pasar tarblet komputer. Pasalnya, berbagai produsen komputer tablet ramai-ramai menguji coba tablet dengan sistem operasi Android keluaran Google ataupun Windows dari Microsoft di pameran Computex, Taipei.

Investor dan analis tidak sabar untuk melihat apakah sistem operasi Android dapat menandingi popularitas iPad, sedangkan Microsoft mungkin akan meluncurkan platform Windows khusus tablet, segera. “Para investor benar-benar ingin tahu tablet mana saja yang lebih baik, memiliki harga menarik dengan kinerja yang pantas serta termasuk dalam kelompok non-iPad,” ujar Angela Hsiang, analis di KGI Securities Co, Taipei. “Sebelumnya, masyarakt tidak bisa benar-benar melihat produk tersebut. Tapi di Computex, kita bisa menyentuh dan menggunakan perangkat itu.”
Asus Inc dan Asustek Computer Inc, yang menggebrak pasar komputer saat memamerkan netbook berharga murah di Computex 2007 dan 2008, akan memamerkan tablet terbaru mengunakan sistem operasi Android dari Google. Selain itu, petinggi Google dan Microsoft dikabarkan akan datang ke acara Computex dan bertemu dengan para wartawan untuk memberikan bocoran rencana mereka di pasar tablet. Intel Corp, produsen chip terbesar di dunia, dan ARM Holdings Plc, desainer chip yanbg digunakan oleh Qualcomm Inc dan Nvidia Corp untuk menjalankan tablet, juga akan berusaha meyakinkan para produsen bahwa produk mereka menjadi ‘jalan keluar’ dari lambatnya perkembangan pasar PC.
Diperkirakan, pengapalan tablet akan melonjak menjadi 215 juta unit di 2015, dari 17 juta pada 2010, ujar Toni Sacconaghi, analis Sanford C. Bernstein& Co yang berbasis di New York. Sekitar 15% dari semua tablet itu akan menurunkan penjualan PC sekitar 2%. Kompetisi dari para pendatang baru juga akan memotong saham Apple di pasar tablet setidaknya 50% di 2012, ujar pihak iSuppli.
Selain itu, Microsooft juga akan memamerkan sistem operasi yang khusus didesain untuk tablet dengan memanfaatkan hardware berbasis chip ARM. Di sisi lain, Windows 7, versi terbaru platform komputer Microsoft, tidak cocok dengan chip ARM yang sebelumnya sudah dimanfaatkan oleh Samsung Electronics Co dan Motorola Mobility System. CEO Microsoft Steve Ballmer sempat menyebutkan sistem operasi tersebut, Windows 8, akan diluncurkan tahun depan.
Kerja sama ARM dan Microsoft akan menjadi sebuah perkembangan besar di masa depan. Dan jika hal tersebut berhasil, maka akan mempengaruhi pasar tablet,” ujar Hsiang. “Apalagi, Windows 8 akan diminati karena banyak orang yang tidak bisa menggunakan Android tapi cukup akrab dengan penggunaan Windows.” Meskipun begitu, ada beberapa pihak yang mengkhawatirkan soal harga yang ditawarkan Microsoft. “Kebanyajan produsen tablet masih khawatir dengan kualitas dan stabilitas. Di saat ini, mereka banyak memiliki Google karena gratis. Sedangkan Windows, diperkirakan OS itu akan berbiaya,” ujar analis IDC Corp, Helen Chiang.
source: swa.com

Enhanced by Zemanta

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes